Menikmati Indahnya Pesona Kawah Putih Ciwidey

Iklan
Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata dari sekian puluh tempat wisata alam yang ada di daerah Bandung.Tema wisatanya sama dengan wisata Garut yang telah sherin week postingkan beberapa hari lalu. Tempat wisata ini sudah terkenal sampai ke mancanegara, sehingga sudah sangat baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke tempat wisata kawah putih ini. Tempat wisata tersebut terletak di dataran tinggi Bandung selatan, atau orang lebih mengenalnya dengan Ciwidey. Alamnya yang sejuk karena berada di ketinggian, membuat siapa saja yang pergi kesana akan merasa nyaman dan tentunya betah berlama-lama disini apalagi sebelum beriwsata ketempat ini kamu merasa bosan atau jenuh   . Kawah ini terbentuk oleh erupsi dari gunung Patuha pada abad ke 10 dan 12. Ketinggian  tempat ini berada antara 2.434 Meter diatas permukaan laut, tempat ini terbilang sangat sejuk dengan suhu terendah 8 derajat celcius dan suhu tertinggi 22 derajat.


 





Awalnya tempat ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Franz pada tahun (1809-1869). Dr.franz sedang melakukan penelitian di Kawah Putih Ciwidey. Salah satu keunikan dari kawah putih ini yang tidak dimiliki oleh kawah lain ialah warna air kawahnya yang bisa berubah-ubah dari mulai warna turkis (  warnanya hijau kebiru0biruan) berganti ke warna cokelat. Namun secara umum kawah ini selalu menampilkan warna putih bersih, dengan diselingi kabut tebal di bagian atasnya. Tidak hanya airnya yang berwarna putih, juga kerikil maupun pasir yang ada di sekeliling kawahnya pun berwarna putih. Atas dasar inilah yang menjadikan tempat ini dinamakan kawah putih.

Karena memiliki potensi wisata yang sangat besar, maka pemerintah  dalam hal ini PT. Perhutani wilayah Jawa Barat dan Banten membuka  Kawah Ciwidey sebagai tempat wisata. Tempat wisata ini biasa buka dari mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore.  Bagi anda yang hendak pergi ke Kawah Putih Ciwidey dengan menggunakan kendaraan umum, anda bisa pergi ke terminal Leuwipanjang, lalu cari kendaraan yang menuju Ciwidey. Dari sana cari kendaraan angkot yang menuju kawah Ciwidey (angkot berwarna kuning). Sedikit tips bagi anda yang akan ke kawah putih, jangan lupa membawa baju hangat dan payung.
Iklan

wdcfawqafwef