Tempat Wisata Favorit : Gunung Tangkuban Perahu

Iklan
Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata paling favorit di daerah Bandung setelah wisata kawah putih . Tempat wisata alam ini tercipta dari hasil erupsi atau letusan gunung . Sudah sangat banyak wisatawan baik asing maupun mancanegara yang mengunjungi tempat wisata kebanggaan pemerintah kabupaten Bandung ini. Bandung memang kaya akan spot wisata baik itu yang masuk dalam kategori wisata alam, wisata kreatif, wisata seni, wisata kebudayaan, wisata adat dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagian besar basis wisata di Bandung adalah wisata berbasis Kebudayaan, hal ini bertujuan agar Bandung memiliki identitas sebagai daerah yang berbudaya dan memiliki adat istiadat yang sangat kental. Selain spot wisata kategori kebudayaan, Bandung juga sudah sejak dahulu mengembangkan sektor pariwisata berbasis keindahan alam, karena memang itulah yang menjadi sumber utama pendapatan asli daerah Bandung.



Kita ketahui bahwa legenda Gunung Tangkuban Perahu sudah terkenal kemana-mana, bahkan dalam buku bahan ajar anak sekolah SD cerita mengenai asal mula terciptanya gunung tangkuba perahu dimuat dalam salah satu bab pembahasannya. Ini sebagai bukti bahwa memang tempat wisata ini merupakan aset berharga untuk Jawa Barat. Gunung ini terletak sekitar 30 km dari kota Bandung ke arah utara. Kondisi alam di sekitar gunung ini cukup sejuk, dengan pohon pinus yang mengelilinginya ditambah lagi dengan hamparan perkebunan teh di sekitar daerah tersebut. Gunung ini berada diketinggian sekitar 2.084 m di atas permukaan laut. Bentuk dari gunung ini masuk dalam jenis strato vulcano.

Pengelola dari tempat wisata ini ialah perusahaan perhutani ( BUMN ). Suhu di sekitar daerah tersebut sekitar 17 derajat celcius pada siang hari, dan 2 derajat celcius pada saat malam hari. Gunung tangkuban perahu ini merupakan gunung yang masih aktif, namun dengan aktivitas kegunungapian yang stabil. Untuk rute menuju tempat wisata ini anda dapat melalui jalan tol Pasteur lalu ke jalan  Dr.Djunjunan – pasir kaliki-sukajadi-setiabudi- lembang lalu berakhir di lokasi wisata atau gerbang bagian atas.
Iklan

wdcfawqafwef