Hal Yang Dilakukan Ketika Dihina

Iklan Setiap insan pasti pernah mengalami yang namanya penghinaan, secara sadar ataupun tidak sadar, terutama penghinaan atas situasi yang yang terjadi pada kita, siapa sih yang mau di hina??? saya yakin tidak ada orang yang menjawab "ya saya mau" . 
Misal kita dibilang goblok, miskin, jelek, gak punya otak bahkan ada kata-kata "emang loe pantas di hina" lalu apa yang harus kita lakukan??? ups,,,

Pertama kali ketika penghinaan itu datang pada saya adalah Jangan naik pitam dengan menghina balik orang itu, jika saya menghina balik dia, maka saya tidak ada bedanya dengan dia!!!! (semoga kalian setuju dengan pendapat saya ) karena itu tidak akan menyelesaikan masalah malah bisa jadi menambah masalah yang ada 

Langkah kedua apa??? 
Jangan berlarut-larut dalam kata-kata penghinaan dan menyalahkan diri sendiri. Ingatlah bahwa kita adalah manusia yang berharga di mata Tuhan. ingat looh,,, kita hidup buat Tuhan bukan buat manusia. Manusia mau digimanain juga tidak ada puasnya. baik atau buruknya kita akan ada komentar negatif, jadi ngapain pusing dengan memikirkan kata-kata penghinaan orang lain, cukup merenung aja, kenapa orang itu bisa ngomomg seperti itu? jangan-jangan ada yang salah pada diri saya. tapi sekalipun ada yang salah pada diri sendiri jangan menganggap diri sendiri seburuk yang orang itu katakan, itu namanya sama saja membunuh karakter diri sendiri. Cukup dengan sadari dan berkemauan untuk berubah

Berdamailah pada diri sendiri, karena menurut saya yang pertama kali terluka saat penghinaan itu dilontarkan adalah diri kita, bukan orang yang menghina kita, berdamailah pada diri sendiri karena kuping ini terlanjur mendengar kata-kata yang tidak baik, berdamilah pada diri sendiri karena hati dan pikiran terlanjur menerima kata-kata penghinaan tersebut, sesempit apapun pemikiran orang tentang kita, sampai dia menghina kita, kita harus berbesar hati untuk tetap bersabar dan tersenyum, dengan berdamai dengan diri sendiri terlebih dahulu kita lebih mudah "let it flow" kata-kata penghinaan itu.lebih cepat lupa. Setelah itu kita juga lebih mudah memaafkan atau bahkan lebih mudah meng"let it flow'kan mereka dalam hidup kita wekekekekeke

Tapi dengan berpandangan seperti itu, apakah saya bisa bebas dari penghinaan ? Ya enggak juga. Namanya juga mulut manusia. Lidah manusia. Pemikiran manusia. Saya gak bisa kontrol itu semua karena semuanya berada dalam satu paket yang namanya : orang lain !!

Tapi ada juga yang berdalih : “gua ngehina itu buat kebaikan loe sendiri !! Supaya loe bisa sadar !!” WOWW… !! Saya sih gak banyak komentar yah.. Cuma jadi mikir ajah ‘memang kamu siapa bisa menghina orang sebegitunya dan menganggap dirinya layak untuk menghina orang lain ??’ Apapun alasannya, seseorang tidak berhak menghina orang lain !! 


Iklan

wdcfawqafwef